Danrindam III/Siliwangi Buka Dikmaba TNI AD Otsus Kodam XVIII/Kasuari

05 November 2020

Bandung,- Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Ayi Lesmana, S.E., membuka Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD Otsus Kodam XVIII/Kasuari bertempat di Lapangan Patriot Secaba Rindam III/Siliwangi Bihbul Desa Sindanglaya Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Rabu (4/11/2020).

Pada kesempatan tersebut, Danrindam III/Siliwangi saat membacakan amanat Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyampaikan ucapan, " selamat kepada seluruh siswa Dikmaba karena kalian terpilih dan berhasil menyisihkan sekian banyak peserta seleksi penerimaan Bintara PK TNI Angkatan Darat tahun 2020 ini "

Perlu kalian pahami bahwa, " Pendidikan Pertama Bintara yang akan dilaksanakan ini, bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kalian agar memiliki sikap dan prilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar prajurit TNI Angkatan Darat serta memiliki kondisi jasmani yang samapta, " jelasnya.

Proses seleksi dan perjalanan yang jauh dari tanah Papua Barat menuju Bandung Jawa Barat, sungguh perjalanan yang melelahkan dan penuh perjuangan. Kondisi itu telah bisa dilalui dengan penuh ketabahan dan kesabaran demi meraih cita-cita untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Darat.

Negara Indonesia membutuhkan putra-putra terbaiknya untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI. Salah satunya putra-putra terbaik yang berasal dari wilayah Papua Barat yang akan menjadi tulang punggung Kodam XVIII/Kasuari untuk menjaga wilayah Papua Barat.

Oleh karena itu, menjadi prajurit TNI Angkatan Darat adalah cita-cita yang mulia sebagai ladang untuk mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara. Agar dapat mengikuti rangkaian pendidikan ini sampai dengan selesai, kalian perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, khususnya mental dan fisik. Kesiapan mental sangat dibutuhkan mengingat adanya perbedaan kebiasaan dan perilaku hidup sehari-hari yang kalian alami dilingkungan masyarakat dan lingkungan Pendidikan Secaba Rindam III/Siliwangi ini, " terangnya

" Kalian harus bangga karena mendapat kehormatan untuk mengikuti Pendidikan Pertama Bintara di Kodam III/Siliwangi yang memiliki reputasi pengabdian yang gemilang di jajaran TNI Angkatan Darat dalam menjaga kedaulatan NKRI. Rindam III/Siliwangi yang akan menjadi tempat belajar dan berlatih adalah kawah Chandradimuka yang telah berhasil mencetak prajurit-prajurit TNI Angkatan Darat yang terlatih, tangguh dan profesional, " ungkapnya

" Selama berada di lembaga pendidikan Rindam III/Siliwangi kalian harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang sudah pasti sangat berbeda dengan tempat dan kalian sebelum mengikuti pendidikan militer. Patuhi dan taati semua intruksi pelatih dan gumil agar kalian mendapat bekal ilmu untuk menjalani profesi keprajuritan nanti sebagai prajurit TNI Angkatan Darat, " pungkas Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Ayi Lesmana, S.E.

Hadir pada acara tersebut, Pabandyadik Spersdam III/Slw, Dansecaba Rindam III/Slw, Kabaglat, Kabagdik, Kabagjianbang, Kabagum serta Dandosikjur serta Katimtih Rindam III/Slw. (Pendam III/Siliwangi).