KISAH HEROIK


Hijrah Siliwangi

SILIWANGI HIJRAH KE JAWA TENGAH. Disaat perjuangan perlawanan terhadap Belanda di Jawa Barat sedang memuncak dan inisiatif ditangan kita, pihak Belanda sekali lagi memaksa diadakannya perundingan yang diselenggarakan diatas

Kapal "Renville" yang sedang berlabuh di teluk Jakarta pada tanggal 17 Januari 1948. Isi perjanjian Renville itu antara lain adalah bahwa : Mengharuskan pasukan Siliwangi Hijrah ke Jawa Tengah ke daerah-daerah yang masih di kuasai oleh RI. Dipandang dari segi Politik, secara militer dan segi ekonomi sangat merugikan Republik Indonesia khususnya TNI.

 
 
 

Dari segi politik persetujuan Renville tersebut berarti pengakuan RI secara "De Jure" atas kedaulatan Kerajaan Belanda atas tanah air kita. Sedangkan dipandang secara militer perjuangan itu berarti menyerahkan kantong-kantong gerilya kita yang tidak dapat direbut Belanda itu kepada pihak Belanda sehingga kita menjadi terkepung.

Pada saat menjelang hijrah unsur-unsur pimpinan Divisi Siliwangi terdiri dari :
Panglima Divisi Kolonel A.H. Nasution, Kepala Staf Kolonel Hidayat, Komandan Brigade-I/Tirtayasa di Banten Letkol Dr. Arie Sudewo yang menggantikan Letkol Suganda Brata Manggala, Komandan Brigade-II/Suryakencana di Sukabumi Letkol A.E. Kawilarang. Komandan Brigade-III/Kiansantang di Purwakarta Letkol Sidik Brata Kusumah, Komandan Brigade-IV/Guntur di Bandung Selatan Letkol Daan Yahya. Komandan Brigade-V/Sunan Gunung Jati di Cirebon Letkol Abimanyu.

Didalam melaksanakan perintah Hijrah dari pemerintah pusat tidak semua unsur jajaran Divisi Siliwangi digerakkan berhijrah. Misalnya Brigade-I/Tirtayasa tidak disertakan dalam gerakan hijrah, karena masih menguasai keadaan sepenuhnya. Demikian pula berbagai unsur badan perjuangan ada yang tinggal di Kampung halaman, akibat dari adanya perintah hijrah ini pasukan Siliwangi/Divisi Siliwangi kehilangan kesempatan untuk mencicipi kemenangan dalam menanggulangi agresi Militer Belanda yang pertama di Jawa Barat, tetapi juga menyebabkan Divisi Siliwangi tersebar dan harus terlempar dari kampung halamannya sendiri.

Pada tanggal 22 Pebruari 1948, telah selesai dihijrahkan kurang lebih 29.000 prajurit Siliwangi meninggalkan kantong-kantong gerilya di Jawa Barat. Route perjalanan hijrah terbagi dua jalur yaitu melalui jalan darat dengan menggunakan kereta api dan melalui laut dengan kapal laut.

Setelah hijrah, lalu datang perintah adanya rekonstruksi dan rasionalisasi untuk ketigakalinya bagi Siliwangi. Ini dirasakan berat bagi Siliwangi terutama bagi anggota yang tidak masuk dalam formasi sehingga harus berpisah dengan teman sejawat dan pimpinan yang dicintainya. Akibat kesedihan dan cobaan yang cukup berat melahirkan lagu yang kemudian menjadi Mars Siliwangi, yang terus dilantunkan selama hijrah. Lagu Mars Siliwangi ini bukanlah ciptaan satu orang tetapi hasil karya dari beberapa orang. Ide untuk menciptakan lagu ini datang dari Kapten Cecep Aryana (Perwira Staf Divisi Siliwangi) dan Letnan Sunar Pirngadi, ide tersebut muncul disaat berada di kapal MS Plancius yang mengangkut sebagian prajurit Siliwangi yang melaksanakan hijrah ke Jawa Tengah.

Dalam masa hijrah ini Siliwangi dihadapkan lagi pada satu ujian berat, karena di saat RI tengah menghadapi ancaman dari Belanda, tiba-tiba PKI Muso di Madiun pada tanggal 18 September 1948 melakukan pemberontakan terhadap pemerintah RI. Kali ini sejarah mengukir bagaimana Siliwangi berhasil menumpas pemberontakan PKI Muso dalam kondisi yang minim untuk suatu operasi yang sangat penting.

Long March Siliwangi

Belum lagi putra-putra Siliwangi melepaskan lelahnya setelah melaksanakan operasi penumpasan terhadap PKI Muso, tiba-tiba saja pihak Belanda melancarkan agresi militer ke II terhadap Ibu Kota RI Yogyakarta. Pihak Belanda mengatakan kepada komisi jasa PBB, bahkan pihaknya mulai tanggal 19 Desember 1948 pukul 00.00 waktu Jakarta tidak lagi merasa terikat oleh perjanjian Renville yang sebenarnya telah begitu menguntungkan pihaknya. Pada tanggal 19 Desember 1948 sekitar pukul 05.30 Lapangan terbang Maguwo dibom oleh pesawat-pesawat pembom Mitchel B-25 yang di ikuti penerjunan satu Batalyon pasukan baret Hijau yang ditugaskan untuk merebut lapangan terbang tersebut.

Belanda mengerahkan sejumlah kurang lebih 135.600 orang tentara dengan perlengkapan modern berasal dari bantuan "Marshal Plan" Amerika Serikat.

Tujuan agresi Belanda ke II itu adalah untuk menghancurkan segala potensi Republik atau melumpuhkannya.

Untuk menghadapi taktik licik Belanda tersebut Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan Instruksi Panglima Besar No. 1 sesuai perintah (Perintah Siasat No. 1) ter-sebut pasukan Siliwangi segera bergerak dari kedudukannya masing-masing, melaksanakan gerakan militer yang kemudian dikenal dengan nama "Long March Siliwangi ". (perjalanan Siliwangi dari Jawa Tengah kembali ke Jawa Barat).

Dengan adanya perintah untuk bergerak kembali ke kampung halamannya yang sudah sekian lama di tinggalkan dan dirindukan maka disambut dengan penuh kegembiraan diselingi dengan rasa keharuan yang sangat mendalam sekali. Maka pada tahun 1948 bergeraklah si Anak Rantau Siliwangi ke tempat asalnya, menuju kampung halamannya.

Rencana Long March Siliwangi telah disusun rapih dan sudah disalurkan berupa perintah hingga tingkat Batalyon dan disusun sebagai berikut :

1. Brigade Sadikin menuju Jawa Barat sebelah utara.
2. Brigade Syamsu menuju daerah Tasikmalaya, Garut dan Ciamis.
3. Brigade Kusno Utomo menuju daerah Bandung, Cianjur, Sukabumi dan Bogor.
4. Batalyon Ahmad Wiranatakusumah bertugas sebagai pengawal staf divisi Siliwangi dan berangkat paling akhir.

Namun karena keadaan medan Jawa Barat tidak mengijinkan akibat adanya pengacauan oleh apa yang menamakan dirinya Darul Islam Kartosuwiryo maka tujuan yang telah ditetapkan itu tak dapat dipertahankan. Akibatnya Batalyon Sitorus kembali ke daerah Garut, Batalyon Ahmad Wiranatakusumah di Bandung Selatan, Batalyon Kemal Idris di daerah kabupaten Cianjur. 

Batalyon A.Kosasih ke daerah Sukabumi dan Bogor, Batalyon Rukman ke daerah Cirebon dan Kuningan, Batalyon Dharsono ke daerah Karawang, Batalyon Lucas ke daerah Cikampek, Batalyon Sudarman ke daerah Tasikmalaya Utara, Batalyon Nasuhi ke daerah Ciamis dan Batalyon Riva'i ke daerah Majalaya hingga perbatasan Garut. Pada umumnya Batalyon-Batalyon Siliwangi itu kembali ke daerah-daerah gerilya mereka sebelum hijrah.

Dalam perjalanan pulang kembali ke kampung halamannya di Jawa Barat pasukan Siliwangi mendapatkan hambatan dari DI/TII Kartosuwiryo. Di Priangan Timur banyak prajurit Siliwangi yang jatuh dalam jebakan-jebakan pasukan DI/TII yang diracun dan disergap, untuk ditawan atau dibunuh setelah melalui penganiayaan yang tiada berperikemanusiaan.

 

 


Loading the player ...

Nama : Anton
Komentar : Bogor, 21 Juli 2014 Kepada Yth. Bapak/Ibu Pangdam/Kasdam Kodam III/ Siliwangi di tempat Dengan hormat, Dalam email ini saya sebagai Masyarakat Jawa Barat ingin meminta bantuan kepada Siliwangi atau Kodam III /Siliwangi terutama untuk masalah kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saya dengan Pihak PT. Indomarco Prismatama. Saya di PHK secara sepihak oleh PT. Indomarco Prismatama Tgl. 1 Desember 2005 berdasarkan SK PHK yang diberikan PT. Indomarco Prismatama, perkara PHK sudah sampai pada tahap kasasi di MA (Mahkamah Agung) dengan Putusan Kasasi No. 253 K/PHI/2007 Tgl. 17 Juli 2007, saya sebagai Masyarakat Jawa Barat merasa bagian dari Siliwangi apalagi saya lahir, dibesarkan dan tinggal di Kota Bogor Jawa Barat, dalam Putusan Kasasi saya semestinya saya dipekerjakan kembali di PT. Indomarco Prismatama dan saya sudah menghubungi Pihak DPRD Kota Bogor Jawa Barat, saya sendiri bekerja di PT. Indomarco Prismatama Cabang Sentul dahulu Cimanggis. Saya berharap agar Pihak TNI atau Kodam III/ Siliwangi mau membantu permasalahan saya. Permasalahannya mungkin ada Pihak Pimpinan di Artha Graha Group Jakarta yang berusaha mengeluarkan saya dan menahan gaji dan THR saya mulai bulan Desember 2005 samapai hingga saat ini, PT. Indomarco Prismatama secara tidak langsung berhubungan dengan Artha Graha Group Jakarta yang berada di Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53 Jakarta Selatan. Saya sendiri tidak tahu alasannya mengapa saya di-PHK karena saya selama bekerja tidak ada masalah. Saya sudah mengajukan Surat ke Kantor DPRD Kota Bogor Tgl. 10 Maret 2014 dan saya baru akan mengajukan Surat Permohonan Audiensi bulan ini yang mudah-mudahan surat diberikan Tgl. 26 Juli 2014 kepada Pihak DPRD Kota Bogor Jl. Kapten Muslihat No. 21 Bogor. Saya meminta dukungan Pihak Kodam III/Siliwangi Bogor dalam permasalahan PHK saya, untuk kasus penurunan saham saya sudah ajukan Surat Permohonan Audiensi Tgl. 17 Juli 2014 kepada Pihak DPRD Kota Bogor. Saya juga hendak mengajukan masalah Notaris atau masalah Akta Notaris Aulia Taufani No. 107 Tgl. 15 Desember 2009 yang telah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI dimana dalam Mayoritas Kepemilikan Saham PT. HM Sampoerna, Tbk mungkin mayoritas dimiliki saya, namun masalah Notaris ini akan diajukan setelah kasus PHK saya selesai ditangani DPRD Kota Bogor dan DPR RI, saya meminta dukungan kepada Pihak Kodam III/Siliwangi dan saya memohon agar Pihak Kodam III /Siliwangi tidak memihak dan berada ditengah - tengah permasalahan dan berusaha membantu dalam kasus permasalahan saya akan ditangani DPRD Kota Bogor nantinya. Atas perhatian Bapak/Ibu Pangdam/Kasdam Kodam III/Siliwangi saya mengucapkan terima kasih dan saya mengucapkan Selamat Beribadah Menjalankan Puasa bagi Yang Merayakan di Kodam III/Siliwangi, sekian dari saya atas perhatian dari Bapak/Ibu Pangdam/Kasdam Kodam III/Siliwangi saya mengucapkan terima kasih. Hormat saya, Anton

Jawaban : Terimakasih atas kepercayaan Bapak menyampaikan permasalahan ini ke Kodam III/Siliwangi, namun akan lebih tepat permasalahan ini dilaporkan kepada Polisi dimana bapak tinggal, semoga Allah SWT memberikan kemudahan. Aamiin.
=========================================

Nama : Dwiki Dharmawan
Komentar : salam komando, saya ingin menanyakan pendaftaran SECABA AD sudah dibuka ? jika sudah kenapa website untuk daftar onlinenya susah di akses? terimakasih

Jawaban : pendaftaran akhir bulan September 2014dengan alamat : www.rekrutmen tni ilmci.com
=========================================

Nama : ARIF RAHMAT SOLEH
Komentar : Assalamualaikum Selamat Pagi Bapak/Ibu Admin yang terhormat, salam kenal, KEGIATAN JUDI SABUNG AYAM DEKAT MESJID YANG SUDAH SANGAT KETERLALAUAN DAN SUDAH SANGAT MERESAHKAN WARGA SEKITAR PADA SAAT KONDISI BULAN RAMADHAN DAN SIAGA KEAMANAN MENJELANG PEMILU di kecamatan Lemahabang Wadas kegiatan JUDI SABUNG AYAM yang rutin dan sangat terbuka sudah berlangsung lama dan sudah sangat meresahkan warga sekitar, dimana ADA DUA LOKASI kegiatan JUDI SABUNG AYAM tepatnya terjadi di samping dekat MASJID AL MUKARROMAH dan di samping dekat MESJID AL ITTIHAD Dusun Margasalam RT 06 RW 06, Kec. Lemahabang Wadas, Kab. Karawang, JAWA BARAT. kegiatan JUDI SABUNG AYAM tersebut tidak pernah ada teguran atau penertiban dari aparat BERWENANG setempat. kegiatan JUDI SABUNG AYAM TERSEBUT SUDAH SANGAT KETERLALUAN KARENA BERLOKASI DEKAT MASJID APALAGI INI SITUASI BULAN RAMADHAN DAN MENJELANG PEMILU. saya mewakili warga masyarakat yang resah,,,ada juga warga yang takut bicara,,, tapi saya tidak takut untuk melapor ke bapak/ibu admin yang terhormat. mohon di tindaklanjuti laporan saya ini mewakili warga masyarakat yang resah di sekitar lokasi perjudian. demikian kami sampaikan. mohon maaf apabila ada kekurangan. terimakasih. Wassalam.. ARIF ( HP. 081510118193 ) No. KTP : 3215191906830003 Saya sudah lapor di sini tapi belum ada tindakan : mimbar.ulama@gmail.com http://pengaduan.dpr.go.id/kirim/online No Pengaduan : E145177 , E149981, E146823, E141355, E147962 http://www.propam.polri.go.id/?mnu=pengaduan http://humas.polri.go.id/PengaduanMasyarakat.aspx http://humas.polri.go.id/HubungiKami.aspx http://www.lodaya.web.id/?page_id=12 http://www.kompolnas.go.id/hubungi-kami/

Jawaban : Sehubungan tempat tinggal saudara berada diwilayah Kodim Karawang permasalahan ini akan kami teruskan ke Kodim Karawang untuk ditindaklanjuti, trimakasih.
=========================================

Nama : Rendy Eko Wahyudin
Komentar : Saya mau tanya, kapan pendaftaran Bintara TNI AD dibuka? webdite pendaftaran onlinya ga bisa di akses, terima kasih

Jawaban : Perkiraan pendaftaran akhir bulan September 2014, pendaftaran online silahkan buka di www.rekrutmen tni ilmci.com
=========================================

Nama : idad darul
Komentar : kapan pembukaan pa pk 2014

Jawaban : Pa PK akan dibuka perkiraan bulan September 2014
=========================================

Nama : Dudu Abdurajab
Komentar : Selanmat Pagi Mohon Info Bagaimana Cara Membuat SK Pensiun TNI Yang Aslinya Hilang Pensiun Th.1968 Supaya ada SK Penggantinya Syaratnya

Jawaban : Bapak bisa mengurus di bagian SUBDIT DIASAHPRA DITAJENAD Jalan Bangka No 6 Bandung NO TLP 022 - 4202516 Atau 022 - 4203037
=========================================

Nama : Kiki
Komentar : Pak saya mau tanya alamat kantor kodam siliwangi di jalan apa ya? Mohon bantuanya pak,saya maw mncari saudara saa yang tugas disana

Jawaban : Makodam III/Siliwangi jalan Aceh Nomor 69 Bandung
=========================================

Nama : sabil
Komentar : selamat siang Pak,salam dr saya..saya mau tanya dn komentar Pak,saya sangat bngga dgn siliwangi..sebagai putra daerah,nama siliwangi akan slalu harum mewangi bagi kami,tetapi knapa saya rasa publikasi maupun akses tentang kodam siliwangi masih terbatas. saya jarang sekali melihat atau mendengar event event kodam yg diselenggaraan di luar bandung..saya yg tinggal d pinggiran ibukota sangat ingin sekli mlihat parade siliwangi di daerah daerah perbatasan jawa barat seperti Cileungsi,Cikeas,Bekasi dn lain lain..smoga pertimbangan bagi kodam siliwangi untuk lebih menunjukkan keberadaannya..Siliwangi Saeutik ge Mahi..

Jawaban : Terimakasih atas perhatiaanya, kegiatan yang melibatkan masyarakat seperti KB Kes manunggal TNI Rakyat, sunatan dan pengobatan masal serta operasi katarak, bibir sumbing secara gratis dan Bhakti TNI masuk desa dilaksankan setiap tahun di semua wilayah jajaran Kodam III/Siliwangi termasuk di kabupaten Karawang , sedangkan daerah Cileungsi,Cikeas dan Bekasi yang Bapak maksudkan masuknya wilayah Kodam Jaya Jakarta.
=========================================

Nama : eni rosmawati
Komentar : formasi cpns untuk fisioterapi 2014 ada g?

Jawaban : Sampai dengan saat ini belum ada pendaftaran CPNS, untuk lebih jelas kapan dan disiplin ilmu apa saja yang akan dibutuhkan anda dapat menanyakan langsung ke Ajendam III/Slw Jl. Bosca No 4 Bandung.
=========================================

Nama : Damaris Kapa
Komentar : pengaduan : suami saya Serma Sahat Sarumpaet (NRP : 21980090820777) dinas di Bekangdam III Siliwangi telah melakukan : 1.kekerasan fisik kepada saya dan sudah di vonis 7 bulan penjara oleh mahkamah militer, masa hukumannya habis tgl 16 november 2013; 2. poligami yakni menikah lagi dengan perempuan lain dengan memalsukan identitas dan sudah saya laporkan di subdenpom III siliwangi di CIMAHI pada tanggal 1 Mei 2013, namun hingga sekarang belum di sidang; 3.melakukan penelantaran rumah tangga terhadap saya dan ketiga anaknya selama dua tahun, sekarang dalam proses pelaporan di DENPOM III Siliwangi. Mohon perhatian dan bantuan Bapak Pangdam III Siliwangi atas permasalahan tersebut. terima kasih

Jawaban : Ass. Trimakasih atas kepercayaan anda menyampaikan masalah ini, saran kami akan lebih bijaksana sebaiknya anda laporkan masalah ini ke bagian Personalia instansi suami anda berdinas (Bekangdam III/Siliwangi0, kami berharap masalah yang anda hadapi dapat segera tuntas.
=========================================

Komentar Lainnya Kirim Komentar

TIM MEDIA CENTER KODAM III/SILIWANGI
Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung Provinsi Jawa Barat
Full Design and Copyright @ 2015 by Infolahtadam III/Siliwangi. Jl Seram No. 9a Kota Bandung
Support and already Tested for
Back to Top